728x90 AdSpace

Latest News
Monday, February 22, 2016

Penyebab Mulut Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

bau mulut, penyebab

Situasi di saat mulut mengeluarkan aroma bau yang tidak sedap dan menyengat yang sering disebut “Bau Mulut”. Situasi seperti ini akan membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri pada saat berinteraksi dengan orang lain dan terkadang juga menimbulkan rasa tidak nyaman dan terganggu bukan hanya dari orang tersebut namun juga orang disekitarnya.

Bau Mulut dapat disebabkan beberapa hal seperti adanya mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut seperti jengkol, petai, bawang atau merokok. Namun secara lebih jelas mengenai penyebab dari bau mulut adalah sebaga berikut :

1. Kurangnya kebersihan pada mulut
Pada umumnya penyebab utama timbulnya bau mulut adalah kurangnya menjaga kebersihan pada mulut.  kondisi mulut yang tidak bersih dan dijaga dapat menyebabkan bakteri dan kuman akan tumbuh dari sisa makanan yang menempel pada sela sela gigi. Hal tersebut menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Selain itu juga dapat membentuk karang gigi yang dapat memicu aroma yang tidak sedap keluar dari mulut.

2. Merokok
Merokok juga dapat menyebabkan mulut menjadi mengeluarkan bau yang tidak sedap. seperti yang kita ketahui rokok yang memiliki segudang dampak negatif bagi tubuh juga dapat menimbulkan bau pada mulut.

3. Mengkonsumsi makanan yang beraroma tidak sedap
Mengkonsumsi makanan yang memiliki aroma kuat dan menyengat seperti jengkol dan petai dapat menyebabkan aroma yang dikeluarkan mulut menjadi tidak sedap alias bau. Hal ini deisebabkan makanan yang dikomsumsi tersebut menciptakan aroma yang khas dan terkadang aroma tersebut tidak nyaman serta mengganggu apabila tercium oleh orang lain.

4. Sariawan
Infeksi atau luka pada kulit dan bibir di mulut atau sering disebut sariawan dapat menyebabkan bau mulut, hal tersebut dikarenakan kulit yang luka dan infeksi dapat menimbulkan nanah yang mampu membuat mulut mengeluarkan bau dan aroma yang tidak bisa tercium.

5.Perut kosong (tidak makan)
Perut yang dalam keadaan kosong akan menyebabkan produksi air liur pada mulut berkurang. Berkurangnya air liur pada mulut akan mengakibatkan bakteri penyebab bau mulut dapat tumbuh di mulut sehingga mulut akan mengeluarkan aroma tidak sedap.

6. Gigi berlubang dan gusi berdarah.

Gigi yang berlubang dapat menyebabkan mau mulut disebabkan ada sisa makanan yang membusuk dan menempel pada gigi yang berlubang tersebut. Hal ini menciptakan aroma yang tidak sedap. selain itu sisa makanan yang membusuk disela gigi tersebut akan menimbulkan bakteri yang dapat merusak gigi dan membuat gigi berlubang. Gusi berdarah juga dapat menimbulkan bau disebabkan adanya infeksi akibat luka pada gusi, hal ini hampir sama dengan penyebab bau mulut disebabkan oleh sariawan.



Baca Juga Cara Ampuh Lainnya :

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Penyebab Mulut Mengeluarkan Bau Tidak Sedap Rating: 5 Reviewed By: indrade