728x90 AdSpace

Latest News
Monday, February 29, 2016

Kandungan Senyawa dan Manfaat Bawang Putih Yang Perlu Anda Ketahui


manfaat dan kandungan senyawa serta vitamin dan mineral pada bawang putih
Manfaat dan Kandungan Senyawa pada Bawang Putih (allium Sativum)
Sekilas Bawang Putih (allium sativum)
Bawang putih yang dalam bahasa inggris disebut garlic dan dikenal dalam bahasa ilmiah nya allium sativum ini merupakan tanaman dari genus allium. Bawang putih mempunyai histroical penggunaan oleh masnusia lebih dari 7000 tahun yang sering tumbuh di asia tengah. Bawang putih dikenal menjadi bahan makanan serta bumbu umum bahkan dari catatan mesir kuno bawang putih digunakan sebagai campuran makanan dan pengobatan. Penggunaan bahan untuk bumbu dasar makanan terdapat pada bagian umbi dari tanaman bawang putih.

Klasifikasi Bawang Putih (allium sativum)
Bawang putih (allium sativum) merupakan tumbuhan dari liliopsida dan ordo asparagales serta bangsa allieae dengan genus allium dan spesies sativum berikut ini klasifikasi ilmiah lengkap dari bawang putih :
Kerajaan
: Plantae
Divisi
: Magnoliophyta
Kelas
: Liliopsida
Ordo
: Asparagales
Famili
: Alliaceae
Upafamili
: Allioideae
Bangsa
: Allieae
Genus
: Allium
Spesies
: A. Sativa

Kandungan senyawa dan nutrisi pada bawang putih (allium sativum)
Bawang putih (allium sativum) memiliki aktivitas biologis yang sangat bermanfaat dalam hal pengobatan dikarenakan mengandung senyawa organosulfur. Beberapa contoh Senyawa organosulfur iniyang terdapat pada bawang putih antara lain yaitu :

1. Senyawa S-ak(en) –il-L-sistein silfoksida (ACSOs)
Senyawa ini dapat dicontohkan seperti alliin dan glutamilsistein dimana senyawa ini paling banyak terdapat pada bawang putih. Alliin memiliki fungsi sebagai pembentuk aroma dan citarasa pada bawang putih, selain itu alliin memiliki potensi sebagai antibakteri.

2. Senyawa sulfur yang volatil
Senyawa sulfur yang volatil pada bawang putih seperti allicin.senyawa allicin tersebut merupakan senyawa yangkurang stabil dimana dengan adanya pengaruh air panas, oksigen udara, dan lingkungan basa mudah sekali terdekomposisi menjadi senyawa sulfur yang lain seperti dialil sulfida. Senyawa allicin dikenal bermanfaat sebagai daya anti kolestrol untuk mencegah penyakit jantung serta tekanan darah tinggi.

3. Senyawa sulfur yang larut dalam lemak
Senyawa sulfur yang larut dalam lemak pada bawang putih seperti diallylsulfide dan diallyldisulfide. Senyawa ini dapat membantu sistem pencernaan bekerja secara optimal dan dapat menekan pertumbuhan cacing pada saluran pencernaan.

4.  Kalsium
Kalsium merupakan mineral yang amat penting bagi manusia terutama untuk metabolisme tubuh, penghubung antar saraf dan kerja jantung serta pergerakan otot. Bawang putih mengandung kalsium yang bermanfaat sebagai pencegah hipertensi dikarenakan sifat kalsium yang menenagkan pada bawang putih tersebut.

5. Saltivine
Saltivine yang terdapat pada bawang putih bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel syaraf. Dan juga merangsang kinerja sel saraf. Oleh sebab itu hal ini yang membuat bawang putih memiliki manfaat sebagai pencegah hipertensi dan melancarkan metabolisme pada tubuh manusia.

6.  Phytochemical
Pada bawang putih terdapat senyawa alliin yang berfungsi sebagai antibakteri dan juga terdapat phytochemical yang dapat membantu membunuh virus serta bakteri yang menyebabkan timbulnya penyakit.

7. Vitamin dan mineral.

Bawang putih memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada bawang putih yaitu vitamin A, Vitamin B6, Vitamin B1, Vitamin C, kallium, selenium, seng, mangan, beta karoten, asam ferullic, geraniol dan lain lain. Kandungan vitamin dan mineral tersebut bermanfaat untuk menurunkan resiko komplikasi pre eclamasi pada masa kehamilan dan mengontrol pertumbuhan janin. Serta manfaat lainnya seperti mengontrol kadar gula dalam darah dan meningkatkan stamina serta menjaga tubuh dari kelelahan. Dan banyak lain manfaat dari vitamin dan mineral yang terkandung pada bawang putih. 

setelah mengetahui kandungan Senyawa, zat, vitamin dan mineral yang terdapat pada bawang putih berikut nya anda perlu mengetahui manfaat dan khasiat dari bawang putih bagi kesehatan yang dapat anda lihat berikut ini   READ MORE ....>>>
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kandungan Senyawa dan Manfaat Bawang Putih Yang Perlu Anda Ketahui Rating: 5 Reviewed By: joe indrade