728x90 AdSpace

Latest News
Monday, February 22, 2016

Cara Ampuh Mengatasi Kapalan Secara Alami

Cara Ampuh, Kapalan, Alami

kapalan (Callus) adalah penebalan dan pengerasan lapisan kulit yang terjadi disebabkan respon pertahanan kulit terhadap gesekan dan tekanan yang terjadi secara terus menerus. Kapalan sering terjadi di bagian telapak tangan dan jari jari yang disebabkan oleh gesekan dan kontak dari benda benda yang sering digunakan sehari hari. Kapalan terbentuk sebagai perlindungan kulit dari efek luka atau lecet ketika bergesekan dengan benda benda yang lebih keras atau kasar.

Pada umumnya kapalan tidaklah menimbulkan permasalahan pada kesehatan namun ada beberapa kasus pada kapalan juga disertai rasa sakit dan gatal. Namun pada umumnya permasalahan kapalan ini hanya menggangu pada penampilan yang dapat menurunkan rasa kurang percaya diri ketika berinteraksi sosial dengan orang lain. 

Pada umumnya mengatasi kapalan yaitu dengan menghindari gesekan yang mengakibatkan terjadinya kapalan. namun ada beberapa cara ampuh mengatasi kapalan secara alami dan aman adalah sebagai berikut :

1. Rendam dengan air hangat
Cara ampuh yang pertama dalam mengatasi kapalan yaitu dengan merendam dengan air hangat wilayah tubuh yang mengalami kapalan selama 20-30 menit, selanjutnya gosok lah wilayah yang kapalan dengan menggunakan batu apung atau sejenis nya agar sel-sel mati yang membentuk penebalan kulit penyebab kapalan terkelupas secara perlahan. Lakukan hal ini secara rutin setelah sehabis mandi selama 3-4 minggu untuk hasil yang maksimal. Secara perlahan kapalan pada kulit akan menipis dan kemudian hilang.

2. Menggunakan jeruk lemon
Cara ampuh berikutnya dalam mengatasi kapalan yaitu dengan menggunakan jeruk lemon atau jeruk nipis, cara nya dengan memeras jeruk sampai menghasilkan air perasan. Kemudian air perasan dioleskan pada kapalan dan biarkan selama 30-40 menit dan lebih lama lebih baik. Namun perlu diperhatikan apabila terdapat luka pada wilayah yang dioleskan sebaiknya jangan dioleskan perasan air jeruk ini sebab akan menimbulkan perih pada kulit yang sedang mengalami luka. Cara mengatasi kapalan dengan jeruk ini dapat dilakukan setiap hari sampai dirasa kapalan mulai menghilang pada kulit.

3. Menggunakan Kopi
Cara alami menghilangkan kapalan salah satunya dengan menggunakan ampas kopi. Caranya yaitu dengan menggosokan ampas kopi pada bagian kapalan dan diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan langkah ini secara rutin juga dapat membantu menghilangkan kapalan secara alami.

4. Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi kapalan sebab bawang putih dapat mengelupas kulit yang menebal dan mengeras. Adapun caranya mengatasi kapalan dengan bawah putih adalah dengan menumbuk sampai halus bawang putih kemudian wilayah yang kapalan direndam terlebih dahulu dengan air hangat sampai 10-20 menit lalu dioleskan dan tempelkan bawang putih yang telah ditumbuk halus tersebut. Lakukan langkah ini setiap hari sampai kapalan menipis dan hilang.


Demikianlah beberapa cara ampuh yang alami untuk mengatasi kapalan pada kulit, namun perlu diperhatikan juga bahwa yang paling utama untuk mengatasi kapalan adalah mencegah penyebab terjadinya kapalan yaitu gesekan benda yang keras dan kasar pada kulit secara terus menerus. Sebab kapalan akan terus dapat muncul apabila masih terus terjadi gesekan pada benda benda keras pada kulit. 


Baca Juga Cara Ampuh Lainnya :

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara Ampuh Mengatasi Kapalan Secara Alami Rating: 5 Reviewed By: indrade