728x90 AdSpace

Latest News
Monday, February 29, 2016

Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih ( Allium Sativum)

manfaat dan khasiat bawang putih (allium sativum)
MANFAAT DAN KHASIAT BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM )


Manfaat dan Khasiat Bawang Putih (Allium Sativum)
Setelah mengenal dan mengetahui kandungan yang terdapat pada bawang putih yang sering disebut dalam bahasa inggris garlic dan dikenal dalam bahasa latinnya allium sativum. Maka berikut ini akan dipaparkan mengenai manfaat dan khasiat yang terdapat pada bawang putih. Adapun manfaat dan khasiat pada bawang puting adalah sebagai berikut :

1. Sebagai pengontrol kadar kolestrol
Bawang putih yang mengandung allicin dan allin sangat bermanfaat mengatasi kolestrol hal tersebut sesuai dengan studi yang dilakukan oleh silagy dan Neil Haw pada tahun1994 yang mengungkapkan bahwa bawang putih merupakan pelopor untuk mengurangi lemak dalam tubuh dan menurunkan kadar kolestrol yang bisa mencapai 12% dari total kolestrol yang dimiliki.

2. Sebagai pencegah tekanan darah tinggi (hipertensi)
Kandungan yang terdapat pada bawang putih mampu melancarkan metabolisme tubuh selain itu juga bawang putih yang mengandung kalsium berguna sebagai memperlancar peredaran darah dan mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Serta kandungan alliin dan allicin bermanfaat sebagai pencegah tekanan darah tinggi.

3. Mencegah penyakit jantung koroner
Kandungan alliin dan allicin yang terdapat pada bawang putih seperti yang telah disebutkan sebelumnya dapat memperlancar edaran daran dan mencegah timbulnya darah tinggi maka bawang puting juga berkhasiat untuk mencegah dari penyakit jantung koroner disebabkan menjaga fungsi jantung menjadi tetap pada kondisi baik.

4. Mempercepat pertumbuhan sel
Senyawa saltivine yang terkandung pada bawang putih berkhasiat membantu dan mempercepat pertumbuhan sel serta jaringan pada tubuh.

5.  Merangsang kinerja sel saraf
Fungsi senyawa saltivine yang terkandung pada bawang putih selain mempercepat pertumbuhan sel juga dapat merangsang kinerja sel saraf hal demikian juga berhubungan dengan fungsi bawang putih sebagai pengatur metabolisme tubuh pada kondisi yang baik.

6.  Menjaga sistem pencernaan bekerja optimal
Senyawa diallysulfide dan alilpropil-disulfida yang terkandung pada bawang putih memiliki manfaat sebagai menjaga sistem pencernaan bekerja optimal. Selain itu juga senyawa ini mampu membunuh dan menekan pertumbuhan cacing dalam pencernaan oleh sebab itu juga mampu sebagai zat anti cacing.

7. Anti bakteri dan antiseptik serta mecegah serangan virus
Bawang putih yang mengandung allicin dan alliin bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptik hal tersebut dikarenakan senyawa tersebut aktif membunuh bakteri dan virus sebagai awal mula datang nya penyakit pada tubuh.

8. Mengatasi flu dan batuk
Bawang putih yang mengandung senyawa sulfur membuatnya memiliki aroma yang dapat meningkatkan dan mempercepat membran mucous di saluran pernapasan melegakan memampatan saluran pernapas dan mengeluarkan lendir yang membuat saluran pernapasan mampat. Selain itu ada senyawa seperti allin dan allicin yang dapat membunuh antibakteri dan virus sebagai penyebab penyakit flu. Dengan demikian manfaat bawang putih sebagai pencegah dari penyakit flu dan batuk.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Manfaat Dan Khasiat Bawang Putih ( Allium Sativum) Rating: 5 Reviewed By: joe indrade