728x90 AdSpace

Latest News
Monday, February 22, 2016

Cara Ampuh Mengatasi Penyakit kulit Panu Serta Pencegahannya

cara ampuh, panu, pencegahan, alami

Pola hidup yang tidak bersih pada tubuh dapat mengakibatkan timbulnya penyakit kulit dibagian tubuh. Salah satu penyakit kulit yang sering terjadi adalah panu. Panu adalah penyakit kulit yang dalam dunia kedokteran disebut tinea versicolor. Panu yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan jamur, dimana ada beberapa jenis spesies jamur yang menyebabkan munculnya panu disebut Candida albicans, thrycophyton rubrum. Dan lain lain.
Penyakit kulit panu pada kulit dapat dikenali dengan ciri ciri bercak putih, coklat atau merah dan akan terasa gatal pada saat berkeringat. Panu biasanya menyerang kulit pada daerah yang menghasilkan keringat yang berlebih pada tubuh anda (lembab), Pada umumnya panu terletak pada bagian tubuh seperti dada, lengan, leher, perut, ketiak, dan lipatan pada tubuh, hal ini menjadi penyebab utama jamur dapat tumbuh cepat apabila anda tidak menjaga kebersihan tubuh sebab pakaian yang lama dipakai dan bercampur keringat pada waktu yang lama akan menyebabkan bertumbuh biaknya jamur penyebab panu.

Pada umumnya ada beberapa penyebab timbulnya penyakit panu yang sering terjadi disekitar kita yaitu :
1.      Suhu udara yang terlalu lembab
2.      Suhu udara yang terlalu panas
3.      Konsumsi makanan-makanan tertentu
4.      Jarang mandi dan ganti baju
5.      Penggunaan handuk yang kotor

Belum ada kasus kematian yang diakibatkan panu yang kronis namun pada umumnya penyakit kulit panu mengakibatkan seseorang penderita mengalami gatal-gatal pada area tumbuhnya jamur panu tersebut, selain itu panu dapat membuat kulit menjadi iritasi akibat luka garukan dan menjadi infeksi serta dapat merubah warna kulit penderita yang akan menyebabkan timbulnya rasa kurang percaya diri.

Ada berbagai macam cara alami dalam mengatasi penyakit kulit panu pada penderita, namun beberapa cara berikut ini terbilang ampuh untuk mengatasi permasalahan penyakit panu yang sering terjadi di sekitar kita.

1. Bawang putih
Bumbu dapur bawang putih merupakan bahan yang memiliki banyak khasiat secara alami. Bawang putih ternyata dapat mengatasi permasalahan jamur dengan ampuh. Lagkah yang harus dilakukan adalah
-          mengiris potongan bawang putih tersebut kemudian tempelkan sesaat dan diamkan selama beberapa menit pada area yang terdapat panu.
-          Selanjutnya gosokkan secara merata pada bagian area tersebut.
-          Lakukan hal ini 2-3 kali sehari sampai jamur penyebab panu mengelupas pada kulit anda.

2. jeruk nipis
Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi jamur penyebab penyakit panu dengan mencampurnya terlebih dahulu dengan sedikit belerang. Langkah yang harus dilakukan dengan menggunakan jeruk nipis ini yaitu
-          memotong jeruk nipis beberapa bagian.
-          kemudian haluskan belerang sampai halus
-          celupkan jeruk nipis pada belerang yang telah dihaluskan
-          terlebih dahulu bersihkan bagian kulit yang terdapat panu dengan air
-          oleskan campuran belerang dengan jeruk nipis pada area panu yang telah dibersihkan
-          lakukan secara rutin cara ini setiap hari hingga panu hilang.

3. Belimbing
Buah belimbing  memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab panu. Hampir sama dengan jeruk nipis yang juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi pada buah tersebut. Adapun langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi penyakit kulit panu adalah sebagai berikt :
-          Ambil beberapa buah belimbing dan giling halus
-          Campurkan dengan kapur sirih lalu aduk merata campuran tersebut
-          Kemudian gosokkan pada area yang terdapat jamur panu
-          Lakukan secara rutin 2 kali sehari sampai panu benar-benar hilang pada kulit penderita.

4. Lengkuas
Bahan alami lainnya yang dapat mengatasi penyakit kulit panu yaitu lengkuas. Lengkuas yang merupakan salah satu bumbu dapur yang juga memiliki segudang khasiat dapat secara ampuh mengatasi jamur penyebab panu. Adapun langkah yang dapat dilakukan dengan bahan alami lengkuas adalah sebagai berikut :
-          Ambil beberapa bagian lengkuas dan potong-potong
-          Oleskan potongan lengkuas pada area yang terdapat jamur panu
-          Lakukan secara rutin setiap hari dan sebaiknya dilakukan sehabis mandi
-          Lakuksan dengan bahan lengkuas ini sampai jamur panu menghilang dari tubuh penderita.

Pada dasarnya apabila telah melakukan cara diatas dan berhasil menghilangkan panu pada kulit namun apabila tidak melakukan pencegahan kembali maka jamur penyebab panu bisa saja muncul kembali naha ada beberapa langkah untuk mencegah munculnya penyakit panu pada kulit anda adalah sebagai berikut :
1.      Selalu perhatikan pergantian pakaian anda setiap harinya, terutama apabila sehabis beraktivitas yang menghasilkan keringat pada tubuh anda sebaiknya segeralah mandi dan mengganti pakaian anda dengan pakaian yang kering dan bebas dari keringat.
2.      Hidari menggunakan pakaian yang terlalu ketat pada tubuh anda, hal ini dapat menyebabkan keringat akan menempel pada baju dan kulit sehingga mengakibatkan lembab sebagai awal pertumbuhan jamur pada bagian tubuh anda.
3.      Hindari pemakaian handuk kotor setelah selesai mandi, usahakan kontrol kebersihan handuk secara berkala.
4.      Jagalah kebersihan tubuh anda dan lingkungan, hal ini merupakan faktor utama pencegahan dari segala penyakit pada diri anda.

Demikian beberapa cara ampuh untuk mengatasi penyakit kulit panu dan pencegahannya secara alami. Lakukan cara diatas secara rutin dan jaga kebersihan tubuh anda untuk pencegahan terhadap jamur penyebab penyakit panu.

Baca Juga Cara Ampuh Lainnya :

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara Ampuh Mengatasi Penyakit kulit Panu Serta Pencegahannya Rating: 5 Reviewed By: indrade